10 Soal dan Jawaban tentang Budi Pekerti atau Akhlak Rasulullah SAW


                Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.  Selamat pagi teman-teman sekalian semoga selalu diberi kesehatan dan kemudahan oleh Allah Subhaanahuwata’ala, baik teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjawab atas beberapa pertanyaan dibawah ini yang berkaitan dengan budi pekerti. Baik langsung saja saya akan menjawabnya, Bismillah...
Keluhuran budi pekerti Nabi Muhammad SAW diceritakan dalam surah

1.       Keluhuran budi pekerti Nabi Muhammad SAW diceritakan dalam surah?
        QS al Anbiya’ [21]:107, Surat Al-Qalam Ayat 4

2.       Buatlah contoh pelaksanaan budi pekerti di dalam kehidupan sehari-hari?

        Telah kita ketahui bahwasanya manusia adalah makhluk Allah SWT dan tugasnya tidak lain hanyalah mengabdi hanya kepada Allah, nah, cara mengabdi kepada Allah juga ada tuntunan atau ajarannya sendiri diantaranya beramal sholih atau berlaku baik dan benar sesuaiaturan nilai agama, norma dan moral.
        Cara kita melaksanakan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari telah diajarkan oleh Rasulullah SAW dimana kita harus selalu bersikap sabar dan lembut terhadap sesama manusia terutama kepada orang tua kita.
        Cukup kita membantu meringankan pekerjaan atau membantu orang tua itu sudah termasuk pelaksanaan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari, dan juga harus berbuat demikian kepada tetangga sekitar atau masyarakat lainnya dan bahkan terhadap makhluk Allah juga seperti binatang dan tumbuhan, tidak menyiksa binatang dan tidak menebang pohon secara liar hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok saja.

3.       Budi pekerti yg sesuai dengan akal sehat dan ajaran usksm disebut?

        Budi pekerti yang sesuai dengan akal sehat tidak lain hanyalah berasal dari Islam yang mana Allah sendiri yang memberi petunjuk atau pedoman bagi ummat manusia khususnya agar saling ber amar ma’ruf nahi munkar mengerjakan atau menyeru kepada kebaikan dan kebenaran dan menjauhi atau melarang perbuatan yang buruk atau tercela dan bisa mengakibatkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain.


4.       Apa manfaat dan tujuan pendidikan budi pekerti bagi siswa?

        Manfaatnya diantara lain adalah agar siswa selalu berbuat kebaikan atau kebenaran sesuai syariat Islam dan memberi manfaat bagi manusia yang lainnya seperti perkataan Rasulullah SAW “sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lain”
        Kemudia untuk tujuannya yaitu agar siswa menjadi generasi yang terlihat atau tampil dalam arti tentang hal kebenaran dan kebaikan menurut syariat, dan membentuk akhlak dan menjadikan siswa teladan bagi temannya atau masyarakat bahkan keluarganya.

5.       Contoh teks narasi tentang budi pekerti?

“ketika saya berjalan bersama Ilham saya melihat dua anak kecil yang sedang berkelahi dan akhirnya saya dan Ilham memisah dan menenangkan mereka dan saya antar ke rumahnya dan memberitahu kepada orang tuanya bahwa mereka telah berkelahi”

6.       Kandungan budi pekerti dalam hijrah Rasulullah ke Yatsrib?

        Hal tersebut adalah peristiwa yang sangat menyedihkan sekaligus menggembirakan, menyedihkan karena Rasulullah SAW diusir dari kota Mekkah karena ingin dibunuh kaum kafir, akan tetapi beliau memerintahkan kepada para sahabat terlebih dahulu untuk hijrah ke Yatsrib setelah itu disusul Rasulullah SAW besama Abu Bakar as-Shidiq dan Ali bin Abi Thalib, ini menunjukkan bahwa Rasulullah SAW mengutamakan ummatnya meskipun beliau yang mendapat ancaman dari kaum kafir Quraisy.
        Dan ternyata beliau disambut para kaum Ansor dengan gembira dan dengan rasa penghormatan bahwasanya dakwah Nabi akan berkembang dari kota Yatsrib yang kita kenal sekarang dengan nama Kota Madinah atau kota peradaban.

7.       Tari yang menggambarkan kesopanan dan kehalusan budi pekerti adalah Tari?
                Tari yang menggambarkan kesopanan atau kelembutan budi pekerti yaitu Tari Sufi




8.       Suatu ketentuan atau hukum yang berhubungan dengan akhlak dan budi pekerti manusia di sebut?

        Sesuatu yang berhubungan dengan Akhlak manusia adalah Akidah dan Syariah, Akidah adalah dasar ajaran manusia agar berpegang teguh selalu dengan cara memurnikan ke Esaan Allah SWT dan Syariah yaitu bagaimana kita mengamalkan atau cara, aturan prosedur untuk melakukan perbuatan tersebut yang sesuai dengan perintah Allah

9.       Budi pekerti yang paling tidak disenangi paling dibenci oleh Rasulullah SAW adalah?
        Budi pekerti atau akhlak yang dibenci oleh Rasulullah SAW yaitu akhlak Madzmumah atau akhlak tercela yang mana perbuatan yang dilarang oleh syariat, misalnya, mencuri, berbohong, menyakiti, durhaka terhadap orang tua dan sebagainya yang diharamkan atau dilarang oleh agama.

10.   Alasan mengapa budi pekerti luhur bukan kunci pembangunan bangsa?
        Hal tersebut tidak secara langsung berarti tidak bisa membangun bangsa, akan tetapi jika budi pekerti luhur hanya ada pada individu tertentu saja tanpa menyebarkan atau mengajarkan kepada masyarakat yang lain. Mungkin hal tersebut adalah kuci kenapa bangsa belum terbangun karena budi pekerti yang luhur, jika ingin bangsa maju masyarakat harus mempunyai budi pekerti yang luhur sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW dan selalu mengajarkannya kepada orang lain, atau kita kenal dengan istilah amar ma’ruf nahi munkar yang mana hal tersebut merupakan perintah langsung dari Allah SWT.

        Mungkin cukup ulasan diatas yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman sekalian, jika ada kekurangan mohon maaf atau teman-teman juga bisa memberi masukan atau saran kepada saya karena keterbatasan saya sebagai manusia yang hanya bisa terpenuhi dengan cara masukan dari teman-teman.
        Dan saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah membaca atau sekedar berkunjung di blog ini, semoga bermanfaat bagi semuanya khususnya pengunjung.
Sekian dari saya Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakaatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Undangan dan Pemberitahuan Panitia Zakat Fitrah Masjid 1442 H

Lambang Angkatan / Marhalah Alumni Gontor 2000-2021

Kumpulan MP3 Bacaan Qori' 30 Juz K.H Muammar Zainal Asyikin (Qori' Indonesia)