Soal dan Jawaban yang Berkaitan dengan Pendidikan
Assalamualaikum warahmatullahi
wabarakaatuh,
Selamat
pagi teman-teman apa kabar, semoga selalu diberi kesehatan dan kemudahan oleh
Allah SWT dalam melakukan segala aktivitas yang positif, pada kesempatan kali
ini, ada beberapa Soal dan Jawaban yang Berkaitan dengan Pendidikan yang setidaknya
harus kita ketahui, guna menambah wawasan atau pengetahuan kita terhadap
istilah tentang pendidikan, baik langsung saja dibaca teman-teman,
1.
Kapankah kita
melakukan penilaian assessment?
Assesmen
secara umum dapat diartikan sebagai proses untuk mendapatkan informasi dalam
bentuk apapun yang dapat digunakan untuk dasar pengambilan keputusan tentang
siswa baik menyangkut kurikulum, program pembelajaran,iklim sekolah, maupun
kebijakan sekolah.
Penilaian
secara sederhana dapat diartikan sebagai proses pengukuran dan non pengukuran
untuk memperoleh data karakteristik peserta didik dengan aturan tertentu.
Penilaian juga dapat diartikan
sebagai kegiatan penafsiran data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun
aturan-aturan tertentu.
Penilaian
dalam program pembelajaran merupakan salah satu kegiatan untuk menilai tingkat
pencapaian kurikulum dan berhasilnya proses pembelajaran, penilaian dalam
konteks hasil belajar diartikan sebagai kegiatan menafsirkan data hasil
pengukuran, tentang kecakapan yang dimiliki oleh siswa setelah mengikuti
beberapa pelajaran.
Dari
uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa penilaian terhadap assesment yaitu diakhir
assesment atau setelah terlaksananya assesment tersebut dengan ukuran sesuai
atau tidak dengan tujuan assesment tersebut jika sesuai maka menilai dengan
yang baik atau jika tidak atau kurang sesuai bisa memberi kesempatan bagi pelaku
atau yang diberi assesment tersebut untuk memperbaiki dengan cara memberi pemahaman
tambahan kepadanya hingga mengerti tentang apa assesment yang diberikan
kepadanya.
2.
Bagaimana peran
praktisi pendidikan masyarakat dalam evaluasi pendidikan di tengah masyarakat?
Peran atau
kontribusi praktisi pendidikan sangat penting terhadap masyarakat pada umumnya
juga mencakup evaluasi, dalam mengambil peran atau mengevaluasi pendidikan di
tengah masyarakat praktisi pendidikan hendaknya ikut berpartisipasi didalam
kegiatan masyarakat yang sedang berjalan atau bisa juga membuat sebuah program
guna mengetahui sambai batas mana kemampuan masyarakat tersebut, atau kita bisa
memberdayakan keahlian masyarakat dengan kegiatan yang positif atau bermanfaat bagi
sesama.
Pada dasarnya
evaluasi harus dilaksanakan setelah penilaian assesment atau tugas yang sedang dilaksanakan
pada yang bersangkutan. Dengan demikian praktisi pendidikan dapat mengerti
letak kekurangan serta ketidak sesuaian tugas atau kewajiwan yang dilakukan
oleh penerima tugas. Dan dalam hal itulah evalusi dapat dilakukan oleh praktisi
pendidikan guna meningkatkan hal yang lebih baik dan bermanfaat atau setidaknya
menutupi kekurangan atau memperbaiki hal yang kurang sesuai.
3.
Civics assessment
adalah?
Jika
diterjemahkan artinya dalam bahasa Indonesia berarti penilaian kewarganegaraan
yang artinya kurang lebih usaha yang kita lakukan atau pemahaman yang secara
sadar memberikan nilai atau gambaran bisa berupa pendapat atau masukan yang
mana bisa memberi dampak positif bagi warga negara pada umumnya.
4.
Hubungan bimbingan
konseling dengan evaluasi pendidikan?
Hubungan
diantara keduanya yaitu bisa dilihat dari objek yang dituju yaitu manusia atau
peserta didik yang mana perlu bimbingan konseling untuk dapat dibimbing menjadi
lebih baik dan sesuai dengan norma agama dan kemudian bisa dievaluasi untuk
mengetahui sampai manakah batas atau kemampuan pendidikan siswa tersebut, dan
kita bisa memberi tambahan masukan atau saran agar siswa dapat mengembangkan
pengetahuan dan pemahaman terhadap sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan.
5.
Jelaskan praktik
kajian internal dan external assessment?
Praktik
kajian internal assesment berasal dari dalam diri siswa tersebut yang
mana bisa kita lihat dengan tingkah laku atau sikap siswa tersebut. Atau mungkin
lebih condong kepada psikologos siswa tersebut mengenai rasa ingin tahu,
kemauan belajar, atau motivasi. Memang tidak sepenuhnya kita mengenal secara
internalnya akan tetapi juga kita dapat mengetahui terhadap praktik siswa dari eksternal
asessment dengan cara melihat sikap atau perbuatan siswa dengan
pertimbangan adanya atau tidak pengaruh dari luar terhadap siswa bisa dari
temannya, orang tua, atau masyarakat yang disekitar siswa tinggal.
6.
Jelaskan bagaimana
perkembangan konsep penilaian pendidikan hingga saat ini?
Konsep
pendidikan saat ini masih belum tersusun rapi atau terbukti sepenuhnya walaupun
ada beberapa yang memang berhasil dalam pendidikan dan dinilai baik, akan
tetapi konsep penilaian seperti saat ini tidak memakai dasar Islam, padahan
Islam adalah Agama penilaian pendidikan dari sejak dulu, justru malah yang
terjadi banyaknya masyarakat yang menghindari konsep Islam dengan alasan
terlalu keras atau terlalu kaku padahal faktanya tidak seperti itu, malah Islam
memberi penilaian sekaligus pengembangan terhadap pendidikan siswa. Misalnya Rasulullah
SAW lah sebaik-baik suri tauladan bagi ummat manusia hingga akhir zaman nanti.
7.
Apa arti dari
Population and Habitat Viability Assessment?
Pengertian
dari bahasa Indonesia yaitu Populasi dan Penilaian Kelayakan Habitat yang
berarti tentang suatu populasi dan hal yang mempengaruhi populasi tersebut
terhadap kelayakan suatu habitat atau tempat tinggalnya, seperti contoh:
populasi orangutan Kalimantan yang berada pada daerah tertentu mempunyai
peningkatan perkembangan dan orangutan tersebut layak untuk tinggal di habitat
tersebut.
Mungkin cukup sekian yang dapat
saya jelaskan teman-teman apabila ada kekurangan mohon maaf dan silahkan jika ingin
berkomentar guna untuk menambahkan kekurangan tersebut.
Sekian dan terima kasih semoga
bermanfaat.
Wssalamualaikum warahmatullahi
wabarakaatuh
Komentar
Posting Komentar