Soal dan Jawaban yang Berkaitan dengan Pendidikan


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

                Selamat pagi teman-teman apa kabar, semoga selalu diberi kesehatan dan kemudahan oleh Allah SWT dalam melakukan segala aktivitas yang positif, pada kesempatan kali ini, ada beberapa Soal dan Jawaban yang Berkaitan dengan Pendidikan yang setidaknya harus kita ketahui, guna menambah wawasan atau pengetahuan kita terhadap istilah tentang pendidikan, baik langsung saja dibaca teman-teman,

1.       Kapankah kita melakukan penilaian assessment?

                Assesmen secara umum dapat diartikan sebagai proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk dasar pengambilan keputusan tentang siswa baik menyangkut kurikulum, program pembelajaran,iklim sekolah, maupun kebijakan sekolah.
                Penilaian secara sederhana dapat diartikan sebagai proses pengukuran dan non pengukuran untuk memperoleh data karakteristik peserta didik dengan aturan tertentu.
Penilaian juga dapat diartikan sebagai kegiatan penafsiran data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu.
                Penilaian dalam program pembelajaran merupakan salah satu kegiatan untuk menilai tingkat pencapaian kurikulum dan berhasilnya proses pembelajaran, penilaian dalam konteks hasil belajar diartikan sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran, tentang kecakapan yang dimiliki oleh siswa setelah mengikuti beberapa pelajaran.
                Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa penilaian terhadap assesment yaitu diakhir assesment atau setelah terlaksananya assesment tersebut dengan ukuran sesuai atau tidak dengan tujuan assesment tersebut jika sesuai maka menilai dengan yang baik atau jika tidak atau kurang sesuai bisa memberi kesempatan bagi pelaku atau yang diberi assesment tersebut untuk memperbaiki dengan cara memberi pemahaman tambahan kepadanya hingga mengerti tentang apa assesment yang diberikan kepadanya.

2.       Bagaimana peran praktisi pendidikan masyarakat dalam evaluasi pendidikan di tengah masyarakat?
        Peran atau kontribusi praktisi pendidikan sangat penting terhadap masyarakat pada umumnya juga mencakup evaluasi, dalam mengambil peran atau mengevaluasi pendidikan di tengah masyarakat praktisi pendidikan hendaknya ikut berpartisipasi didalam kegiatan masyarakat yang sedang berjalan atau bisa juga membuat sebuah program guna mengetahui sambai batas mana kemampuan masyarakat tersebut, atau kita bisa memberdayakan keahlian masyarakat dengan kegiatan yang positif atau bermanfaat bagi sesama.
        Pada dasarnya evaluasi harus dilaksanakan setelah penilaian assesment atau tugas yang sedang dilaksanakan pada yang bersangkutan. Dengan demikian praktisi pendidikan dapat mengerti letak kekurangan serta ketidak sesuaian tugas atau kewajiwan yang dilakukan oleh penerima tugas. Dan dalam hal itulah evalusi dapat dilakukan oleh praktisi pendidikan guna meningkatkan hal yang lebih baik dan bermanfaat atau setidaknya menutupi kekurangan atau memperbaiki hal yang kurang sesuai.

3.       Civics assessment adalah?
                Jika diterjemahkan artinya dalam bahasa Indonesia berarti penilaian kewarganegaraan yang artinya kurang lebih usaha yang kita lakukan atau pemahaman yang secara sadar memberikan nilai atau gambaran bisa berupa pendapat atau masukan yang mana bisa memberi dampak positif bagi warga negara pada umumnya.

4.       Hubungan bimbingan konseling dengan evaluasi pendidikan?
                Hubungan diantara keduanya yaitu bisa dilihat dari objek yang dituju yaitu manusia atau peserta didik yang mana perlu bimbingan konseling untuk dapat dibimbing menjadi lebih baik dan sesuai dengan norma agama dan kemudian bisa dievaluasi untuk mengetahui sampai manakah batas atau kemampuan pendidikan siswa tersebut, dan kita bisa memberi tambahan masukan atau saran agar siswa dapat mengembangkan pengetahuan dan pemahaman terhadap sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan.

5.       Jelaskan praktik kajian internal dan external assessment?
                Praktik kajian internal assesment berasal dari dalam diri siswa tersebut yang mana bisa kita lihat dengan tingkah laku atau sikap siswa tersebut. Atau mungkin lebih condong kepada psikologos siswa tersebut mengenai rasa ingin tahu, kemauan belajar, atau motivasi. Memang tidak sepenuhnya kita mengenal secara internalnya akan tetapi juga kita dapat mengetahui terhadap praktik siswa dari eksternal asessment dengan cara melihat sikap atau perbuatan siswa dengan pertimbangan adanya atau tidak pengaruh dari luar terhadap siswa bisa dari temannya, orang tua, atau masyarakat yang disekitar siswa tinggal.

6.       Jelaskan bagaimana perkembangan konsep penilaian pendidikan hingga saat ini?

                Konsep pendidikan saat ini masih belum tersusun rapi atau terbukti sepenuhnya walaupun ada beberapa yang memang berhasil dalam pendidikan dan dinilai baik, akan tetapi konsep penilaian seperti saat ini tidak memakai dasar Islam, padahan Islam adalah Agama penilaian pendidikan dari sejak dulu, justru malah yang terjadi banyaknya masyarakat yang menghindari konsep Islam dengan alasan terlalu keras atau terlalu kaku padahal faktanya tidak seperti itu, malah Islam memberi penilaian sekaligus pengembangan terhadap pendidikan siswa. Misalnya Rasulullah SAW lah sebaik-baik suri tauladan bagi ummat manusia hingga akhir zaman nanti.

7.       Apa arti dari Population and Habitat Viability Assessment?
                Pengertian dari bahasa Indonesia yaitu Populasi dan Penilaian Kelayakan Habitat yang berarti tentang suatu populasi dan hal yang mempengaruhi populasi tersebut terhadap kelayakan suatu habitat atau tempat tinggalnya, seperti contoh: populasi orangutan Kalimantan yang berada pada daerah tertentu mempunyai peningkatan perkembangan dan orangutan tersebut layak untuk tinggal di habitat tersebut.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya jelaskan teman-teman apabila ada kekurangan mohon maaf dan silahkan jika ingin berkomentar guna untuk menambahkan kekurangan tersebut.
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Wssalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Undangan dan Pemberitahuan Panitia Zakat Fitrah Masjid 1442 H

Lambang Angkatan / Marhalah Alumni Gontor 2000-2021

Kumpulan MP3 Bacaan Qori' 30 Juz K.H Muammar Zainal Asyikin (Qori' Indonesia)